Senin, 15 Oktober 2012

Kompilasi top speed motor-motor yang pernah IWB test….!!!!

Bro dan sis…masa muda IWB hidup pada era Mick Doohan. Era dimana motor-motor yang merajai balap pasar senggol ataupun drag race merupakan engine 2 tak. Kubikasi mungil namun tenaga liar seperti badak…khususnya accelerasi. Bukan bermaksud membandingkan namun kadangkala, banyak celotehan biker-biker tak bertanggung jawab yang sering kali melakukan kebohongan agar tunggangan terlihat ” wah”. Nggak usah jauh-jauh, lawong IWB aja sudah pernah jadi korban. Mosok Tiger standart ngaku bisa lari 200km/jam. Alasannya…Ccnya kan 200. Modiar tenan!!…
Sudah hampir 25 tahun mengenal motor…tak terhitung jumlahnya kuda besi yang sudah IWB cicipi. Ada yang sekedar test ride ringan, hingga ekplorasi top speed. Untuk yang terakhir….mungkin hanya 10% porsinya sebab bukan hal yang mudah untuk melakukannya. Pada era 1990an, bebek yang terkenal menjadi idola anak muda adalah Suzuki Crystal, Yamaha Force-1/F1ZR. Mendekati tahun 2000 muncul Suzi Satria yang merupakan turunan RG-Sport. Sedang Honda…mereka memiliki Astrea Star serta Grand. Namun…kala itu pasar yang disasar lebih kepada kaum dewasa yang mengejar irit dan ekonomis….
Untuk motorsport….Yamaha termasuk pabrikan yang loyal. Tercatat ada 4 varian dilempar kepasar. Yakni RX-Special, RX-King yang terkenal dengan embel-embel Energy Induction, RXZ, serta RZ-R. Semua bermain dikelas 135cc kecuali RX-Spesial yang pada perjalanannya disuntik mati dan murni digantikan oleh siKobra. RXZ sendiri merupakan versi lain dari RZ-R yang full fairing. Dengan tudung seperti motor India, RXZ cukup disegani didunia drag race liar tanah air ataupun road race. Sementara Suzuki melenggang sendirian lewat sang legendaris RGR-150 sebelum akhirnya Honda bersama NSR150 serta Kawasaki dengan Ninja150 merangsek menggantikan dominasinya…..
OMR Suzuki RGR150 tahun 1992 diBandung...(courtesy Kaskus)
Pada era 2000an…hanya Kawasaki yang mampu mempertahankan eksistensi mesin 2 taknya. Sedang pabrikan sayap mengepak…karena kebijakan Honda Jepang, maka produksi engine 2 strokenya dihentikan beralih kemesin 4 stroke hingga sekarang membuat NSR150 hanya menjadi legenda. Nasib Yamaha juga tidak begitu beruntung. Sebab akibat isu pelarangan 2 tak, sikobra pelan namun pasti menuju kematian permanen akibat ditinggalkan konsumen yang berbondong-bondong beralih kemesin 4 tak. Yup…itulah sekilas info perjalanan sejarah roda dua tanah air yang sempat IWB rekam. Dan dari sekian motor yang pernah brojol ketanah air, berikut kompilasi top speed hasil pengalaman pribadi….
1. Yamaha Force-1 (1993) = 110km/jam
2. Yamaha FiZr (1994)= 115km/jam
3. Yamaha RX-King (1994)= 135km/jam
4. Yamaha RX Spesial (1989) = 125km/jam
5. Yamaha RZR (1995) = 145km/jam (boncengan)
6. Yamaha Jupiter-Z (2005) = 115km/jam
7. Yamaha Mio (2006) = 115km/jam
8. Yamaha Mip J (2012) = 110km/jam
9. Yamaha Byson (2010) = 116km/jam
10. Honda Astrea Grand (1992) = 110km/jam
11. Honda Vario 110 & Beat (2012) = 100km/jam
12. Honda Vario 125 (2012) = 110km/jam
13. Honda GL-MX (1993) = 125km/jam
14. Honda GL-Pro (1994) = 125km/jam
15. Honda Megapro (2002) = 130km/jam
16. Honda new Megapro = 120km/jam
17. Honda Tiger2000 (1997) = 130km/jam
18. Kawasaki Ninja 150L (2011) = 165km/jam
19. Kawasaki Athlete (2008) = 125km/jam
20. Suzuki Crystal tune (1995) = 120km/jam
21. Suzuki RGR150 (1995) = 175km/jam
22. Bajaj Pulsar 200 (2009) = 120km/jam
23. Bajaj Pulsar 220 (2011) = 136km/jam
24. TVS Apache RTR 160 = 127km/jam
Mungkin ada beberapa yang terlewat….dan akan diupdate jika diperlukan. Patokan top speed hanya berdasarkan speedometer bawaan motor yang perproduk bisa saja berbeda kalibrasinya. So…motor terkencang versi test ride pribadi masih dipegang oleh Suzuki RGR150SS. Sayang, kini hanya tinggal legenda. Tentu saja kans produk lain sangat terbuka untuk mengungguli, namun sayangnya IWB tidak ngetes langsung. So…motor massal 200cc bisa ngacir hingga 200km/jam, dilalah IWB belum menemui tuh bro :mrgreen: ….(iwb)
Masa keemasan Suzuki RGR150.....

4 komentar:

  1. Sy masih simpan motornya tu RGR

    BalasHapus
  2. Mas produksi terbaik rgr,tahun berapa y?
    Thx masukan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari awal sampai generasi terakhir rgr sudah terbaik asalkan kondisi mesin dan pengapian sehat masih enak buat jjs heheh

      Hapus
    2. Dari awal sampai generasi terakhir rgr sudah terbaik asalkan kondisi mesin dan pengapian sehat masih enak buat jjs heheh

      Hapus